1 CAKALANG ASAP SAMBAL BELACAN JERUK LIMAU

CAKALANG ASAP SAMBAL BELACAN JERUK LIMAU

Ikan Penyet Sambal Belacan Jeruk Limau
Resep Cakalang Asap Sambal Belacan Jeruk Limau yang akan kami bagikan ini memiliki citarasa khas warisan nenek moyang, dengan Sambal Belacan Jeruk Limau Cakalang asap ini makin terasa mantul di lidah dan nendang di mulut.

Resep ini mulanya saya ikut suami berkunjung ke suatu pulau namanya Pulau Bawean nah disanalah saya pertama kali mencicipi Cakalang Asap Sambal Belacan Jeruk Limau ini, dan ternyata memang sedap betul, akhirnya aku pelajari cara membuatnya, kini aku akan berbagi dengan kalian, Cakalang Asap Sambal Terasi/Belacan ini sedap sekali disantap dengan Sayur Bening dan Nasi Hangat, Yuk marii disimak resepnya sebagai berikut.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg Fresh Cakalang Fillet ( Boleh pakai ikan Tuna/Baby Tuna/Tenggiri/Kakap/Tongkol) menyesuaikan selera.
  •  15 buah Cabe Rawit 
  • 2.5 Lempeng Coin Terasi
  • 3 Buah Jeruk Limau
  • Gula & Garam sesuai selera.

Langkah-Langkah:

  1. Bersihkan dan Cuci Bersih Ikan, kemudian Fillet. Gunakan Ikan ukuran Medium sehingga tidak begitu banyak duri kecil2nya.
  2. Goreng/Bakar Terasi terlebih dahulu.
  3. Panggang Ikan diatas Bakaran sampai sempurna matang.
  4. Ulek cabai, terasi, dan gula, Tambahkan garam apabila dibutuhkan. Gerus Kasar, Tambahkan perasan Jeruk Limau, Tes Rasa jangan lupa.

Demikian artikel singkat mengenai Resep Cakalang Asap Sambal Belacan Jeruk Limau, untuk details cara membuatnya, saksikan di Youtube Channel Dapur Fithry.






Posting Komentar

0 Komentar